KEJADIAN 5:1-32 KETURUNAN PENYEMBAH TUHAN

 

Renungan Harian

Kejadian 5:1-32 (Baca terlebih dahulu nats Firman Tuhan)

KETURUNAN PENYEMBAH TUHAN

_______________________________________________

Pada pasal ke 3 saat manusia jatuh dalam dosa, maka kita menemukan ada rencana Allah untuk menyelamatkan manusia dari dosa  “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara kerunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya” Bapa Gereja Irenaeus menyebut Kejadian 3:15 sebagai “Protoevangelium”yang artinya “kabar baik yang pertama” atau “Injil yang pertama”  Dimana pada akhirnya kuasa Iblis akan diremukan oleh keturunannya si perempuan. Namun untuk menggenapi rencana penyelamatan dari Allah tersebut, Allah memakai orang-orang-Nya untuk melahirkan keturunan perempuan tersebut. Orang-orang-Nya adalah keturunan Adam dan Hawa melalui garis keturunan Set (Ay 3. Bandingkan dengan Lukas 3:23-38).

Keturunan Set inilah yang menyembah TUHAN (YHWH) “Setelah Set hidup seratus lima tahun, ia memperanakan Enos” (ayt 6) “Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamai Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil TUHAN” (4:26)

Kalau kita kembali perhatikan pasal 4:17-26, maka kita akan menemukan adanya dua kelompok, yaitu kelompok dari keturunan Kain (4:17-24), dan kelompok dari keturunan Set. Kelompok keturunan Kain dari ayat 17-24 tidak ada penjelasan bahwa mereka memanggil “TUHAN”, namun setelah masuk ayat 25-26, maka ada keterangan bahwa pada waktu itu orang mulai memanggil nama “TUHAN” . Ini berarti keturunan Set dari Enos sampai dengan Nuh dan anak-anaknya (Sem, Ham dan Yafet) adalah penyembah TUHAN (YHWH). – Beberapa ahli menafsirkan bahwa keturunan Kain inilah sebagai keturunan ular, sedangkan keturunan perempuan yang disebutkan di Kejadian 3:15 adalah keturunannya Set  “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya”.

Keturunan Kain dan keturunan Set hidup berdampingan, namun jikalau kita perhatikan kembali pasal 4:17-24 keturunannya Kain melakukan kejahatan (Lamekh), tetapi keturunan Set tidak ada catatan melakukan kejahatan, melainkan ada catatan mengenai keturunan Set yang bergaul karib dengan TUHAN, yaitu Henokh (ay 22-24) dan juga ada catatan dari keturunan Set yang tidak bercela dan dikatakan “seorang yang benar”, yaitu Nuh (6:9).

Demikian juga kita orang-orang percaya Tuhan Yesus, kita adalah umat Allah, anak-anak Allah (Ef 1:4-5), warga kerajaan Allah (Filipi 3:20) dan penyembah Tuhan yang sejati (Yoh 14:6), yang hidup berdampingan dengan mereka yang bukan anak-anak Allah, yang bukan penyembah Tuhan yang sejati. Oleh karena itu sebagai umat penyembah Tuhan, kita harus memberikan perbedaan yang nyata, karena kita adalah terang, terang itu berbeda dengan gelap, dan terang itu tidak pernah dipengaruhi oleh gelap, tetapi gelaplah yang dikalahkan oleh terang. Biarlah orang dapat melihat perbedaan kita dengan mereka melalui perbuatan-perbuatan kita, melalui perkataan-perkataan kita, dan melalui prinsip-prinsip yang  kita pegang, supaya Tuhan dimuliakan (Mat.5:16 ) dan mereka akhirnya dapat percaya Tuhan Yesus melalui kita. Amin…   – RGG –

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencintai Tuhan Karena Mengenal Tuhan, Ulangan 6:5

Catatan Kotbah: Murid Kristus Yang Sejati. Yohanes 6:60-71

Hidup bergaul dengan Tuhan