Semua Tulisan Diilhamkan Allah 2 Timotius 3:16

Ringkasan Kotbah

ALKITAB ADALAH FIRMAN TUHAN

2 TIMOTIUS 3:16

Oleh: Ev. Ranja G. Ginting, S.Th

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

Versi bahasa Inggrisnya lebih tepat, NIV: All Scripture is God-breathed and is useful for teaching, rebuking, correcting and training in righteousness. Jadi bukan segala tulisan, tetapi semua tulisan.
 

       Seorang tokoh teolog pada abad 19 yang bernama Karl Bart berpendapat bahwa Alkitab adalah tulisan saja, namun saat seseorang mendengarkan kotbah, atau saat membaca dan merenungkan bagian dari Alkitab, dan mengalami perjumpaan dengan Tuhan, maka bagian dari Alkitab yang dibacanya atau yang didengarkannya tersebut itulah firman Tuhan bagi dirinya sendiri.

       Contohnya saat si A mendengarkan kotbah atau membaca bagian 2 Timotius 3:16, dan si A tidak mengalami apa-apa, maka 2 Timotius 3:16 bukanlah firman Tuhan bagi si A, tetapi saat si B mendengarkan kotbah atau membaca bagian 2 Timotius 3:16, dan si B mengalami perjumpaan dengan Tuhan, maka 2 Timotius 3:16 itu adalah firman Tuhan bagi si B, tetapi tidak bagi si A.

       Mungkin kita sering mendengar istilah “Rhema”, jadi ada pengkotbah yang berkata “biarlah firman Tuhan ini menjadi Rhema bagi kita”. Penggunaan istilah Rhema ini bisa jadi berasal dari pemahamannya Karl Bart, jadi jika seorang membaca atau mendengar kotbah dari bagian Alkitab, dan mengalami sesatu maka tulisan di Alkitab itu bukan sebatas tulisan tetapi menjadi Rhema atas dia.

       Jelas sekali 2 Timotius 3:16 “Semua tulisan diilhamkan Allah”, bukan hanya yang menjadi “Rhema” atas kita saat kita membaca atau mendengarkan kotbah dari bagian Alkitab, tetapi semuanya adalah firman Tuhan, karena Tuhan yang mengilhamkannya. Jadi, semuanya adalah Rhemanya Tuhan atau Logosnya Tuhan. (Logos dan Rhema memiliki arti yang sama, yaitu perkataan atau firman)

      Tuhan Yesus sendiri mengakui bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan. Yesus yang adalah Allah yang menjadi manusia selama di bumi hanya mengutip ayat-ayat Perjanjian Lama (Alkitabnya orang Yahudi adalah Perjanjian Lamanya Alkitab orang Prostestan), dan Tuhan Yesus sendiri mengakui semua Perjanjian Lama (Lukas 24:44) dan juga menyatakan bahwa para rasul menulis firman Tuhan dari Roh Kudus (Yohanes 16:12-15), ini berarti Tuhan Yesus juga mengakui Perjanjian Baru, karena Perjanjian baru ditulis oleh para rasul-Nya (Lukas menulis Injilnya dari kesaksian-kesaksian para rasul, sedangkan Markus menulis Injilnya dari kotbah-kotbahnya rasul Petrus).

       Karena Yesus yang adalah Allah mengakui Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Tuhan, maka Alkitab adalah firman Tuhan. Karena Alkitab adalah Firman Tuhan, maka Alkitab sangat bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

       Sewaktu kita membaca Alkitab atau mendengar kotbah dari Alkitab, Allah Roh Kudus akan tolong kita untuk mengerti dan juga untuk dapat melakukannya. Jadi Alkitab adalah firman Tuhan, tetapi Allah Roh Kudus akan tolong kita untuk menghidupi firman Tuhan, sehingga kita mengenal siapa Tuhan kita dan mengalami perubahan saat kita menghidupi firman Tuhan yang kita baca di Alkitab.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencintai Tuhan Karena Mengenal Tuhan, Ulangan 6:5

Catatan Kotbah: Murid Kristus Yang Sejati. Yohanes 6:60-71

Hidup bergaul dengan Tuhan