Mendukung Para Pemberita Injil



Mendukung Misionaris
 3 yohanes
Pendahuluan

Sering sekali ada dualism di dalam kekristenan, yaitu mengenai gereja dan peginjilan, Yayasan penginjilan tidak mau ada dibawah gereja, dengan alasan, supaya tidak ada maksud untuk membawa orang ke salah satu gereja, tetapi membawa orang ke Kristus. Sedangkan gereja urusan penginjilan adalah untuk menambahi anggota jemaat, sehingga seringkali gereja dikatakan bertumbuh karena jumlahnya bertambah, oleh karena itulah terjadi perpisahan gereja dan yayasan penginjilan.
Kadangkala, gereja juga hanya mau mendukung pemberita Injil yang ada di bawah naungan sinodenya.

Namun pada bagian ini rasul Yohanes memuji Gayus, karena sikapnya kepada para pemberita Injil.

Apa yang dilakukan Gayus?
Menolong para pemberita Injil. (6-7) “menolong mereka” “sebab karena nama-Nya mereka telah berangkat” mereka ini adalah para pemberita Injil
Argumentasinya
1. 2 Yohanes adalah sikap orang percaya terhadap penyesat yang pergi ke seluruh dunia, yaitu dengan cara tidak menerimanya di dalam rumah dan memberi salam, sedangkan 3 yohanes adalah sikap orang percaya terhadap pengajar yang mengajarkan tentang TuhanYesus
2. “sebab karena nama-Nya”, adalah istilah untuk menjelaskan orang-orang yang memberitakan dan mewakili Tuhan Yesus, bandingkan dengan Mat 10:22, Yoh 15:21, dalam konteks surat 3 Yohanes istilah “sebab karena nama-Nya” adalah menunjuk kepada orang-orang yang pergi memberitakan Tuhan Yesus, karena ada kelajutan: “sebab karena nama-Nya mereka telah berangkat”

Yang Gayus lakukan adalah menolong mereka (5-6)
1. mencukupi kebutuhan penginjil ( ayat 6 dibandingkan dengan ayat7)
2. memberi tumpangan selama ia ada di daerah gayus tinggal (bandingakna dengan ayt 10)
3. Gayus tidak hanya menolong yang dikenalnya, tetapi orang-orang asing juga(5)

Gayus menolong mereka dengan cara yang berkenan kepada Allah (6)
Kata berkenan pada Allah, ini berarti gayus menolong sesuai dengan kehendak Allah, karena kehendak Allah adalah
1. Pemberita Injil harus mendapat bagiannya
“Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu” 1 kor 9:14. 1 tim 5:18 Bukankah Kitab Suci berkata: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik,  " dan lagi "seorang pekerja patut mendapat upahnya”
Siapa yang menopang kebutuhan para pemberita Injil? Jemaat
2. Jemaat bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan pemberita Injil
“Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu  yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.” Gal 6:6

Bandingakna dengan Filp 4:16, jemaat tesalonika 2 kali mengirimkan bantuan untuk Paulus, dan Paulus memerintah Titus untuk mencukupi kebutuhannya Zenas dan Apolos (Tit 3:13)

3. Melakukan ini seperti untuk Tuhan
Gayus Menerima dan menolong mereka dengan sukacita, karena melakukannya seperti untuk Tuhan Yesus. Jika dibandingkan dengan Mat 10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku,   dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku. Mat 25:35-46
Maka menyambut pemberita Injil sama dengan menyambut Tuhan Yesus

Ini berarti, gayus menolong pemberita Injil selayaknya seperti menerima Yesus, bukan menerima pengemis yang butuh belas kasihan, atau beban yang menyusahkan.

Mengapa harus melakukan itu?
1. karena kita orang percaya (5)
2. itu yang berkenan kepada Allah (7)
3. adalah kewajiban kita (8)
4. karena kita berasal dari Allah (11)

Ini berarti, tanggung jawab semua orang percaya untuk memperhatikan mereka para pemberita Injil dan pengajar Firman Tuhan (pada saat itu pemberita injil adalah orang-orang yang mengajarkan Firman Tuhan, bukan cuma hanya memberitakan Injil) dimana pun kita berada dan apa pun gereja kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencintai Tuhan Karena Mengenal Tuhan, Ulangan 6:5

Catatan Kotbah: Murid Kristus Yang Sejati. Yohanes 6:60-71

Hidup bergaul dengan Tuhan