Doktrin Alkitab

Alkitab Adalah Firman Allah
2 Timotius 3:16-17

Pendahuluan

Setiap orang tidak dapat mengelak bahwa Tuhan itu ada, karena melihat ciptaan (Ciptaan yang begitu luar biasa ini tidak mungkin ada begitu saja, tanpa ada yang menyebabkan, pasti ada yang menyebabkan, siapa dia? Ya, Tuhan), dan juga perasaan yang begitu kuat dari dalam hati bahwa ada kekuatan atau kuasa yang mengatur segala sesuatu di alam ini, siapa dia? Ya, Tuhan. Ayatnya terambil dari:
Roma 1:19-20 Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka.Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
Roma 2:14-15; Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
Dalam doktrin gereja Reformed, ini disebut wahyu umum. Wahyu adalah pernyataan Allah, atau Allah menyatakan diri kepada manusia, dan wahyu umum berarti Allah menyatakan diri secara umum atau kepada semua manusia.
Karena itulah semua manusia dapat berpikir bahwa Tuhan itu ada melalui wahyu umum, namun Allah juga telah menyatakan diri secara khusus atau hanya kepada beberapa orang, yang dikehendaki-Nya untuk menerima pernyataan-Nya, inilah yang disebut doktrin wahyu khusus oleh gereja reformed.  Doktrin wahyu khusus adalah  wahyu yang diberikan Allah hanya kepada orang-orang tertentu untuk lebih mengenal Dia, bukan sebatas bahwa Tuhan itu ada atau sebatas bahwa Ia pencipta, atau bahwa Ia lah yang mengatur semuanya, tetapi lebih mengenal Dia lagi secara pribadi-Nya: Nama-Nya, Sifat-Nya, Kehendak-Nya, Kerinduan-Nya, Keputusan-Nya, Kebijaksanaan-Nya, Kemahakuasaan-Nya dan Kepedulian-Nya.
Wahyu khusus inilah Alkitab. Mengapa Alkitab adalah wahyu khusus Atau Firman Allah?
Nomor 1 sampai nomor 3 adalah urutan logis. Injil memenuhi syarat dokumen yang dapat dipercaya, maka informasi mengenai Yesus di dalam Injil dapat dipercaya, dan Injil menceritakan mengenai Yesus yang adalah Allah yang menjadi manusia mengakui bahwa Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Tuhan. Dengan demikian Alkitab adalah Firman Tuhan, karena Allah yang telah menjadi manusia, yaitu Tuhan Yesus telah mengakuinya.
1. Injil (Matius, Markus, Lukas dan Yohanes) adalah dokumen yang telah lulus atau memenuhi syarat sebagai dokumen yang dapat dipercaya, karena ukuran untuk mengukur setiap dokumen sejarah, keempat Injil telah memenuhi syarat ukuran tersebut. Bahkan para ahli menyimpulkan, bahwa ke empat Injil ini lebih memenuhi syarat dibanding dokumen yang menceritakan sejarah Alexander Agung.
2. Ke empat Injil, yaitu Matius, Markus, Lukas dan Yohanes mencatat mengenai Yesus Kristus, maka kisah mengenai Yesus Kristus yang dicatat oleh keempat Injil tersebut dapat dipercaya,
Karena keempat Injil ini telah memenuhi syarat sebagai dokumen yang dapat dipercaya kebenarannya. Maka saat ke empat Injil tersebut melaporkan atau memberikan informasi bahwa Yesus Kristus bukan hanya sebatas manusia tetapi Ia adalah Allah yang telah menjadi manusia, laporan atau informasi atau catatan dari dokumen ke empat Injil tersebut mengenai Tuhan Yesus dapat dipercaya kebenarannya.
3. Tuhan Yesus yang adalah Allah yang menjadi manusia mengakui bahwa Alkitab adalah Firman Allah. 

Tuhan Yesus mengakui bahwa Perjanjian Lama adalah Firman Allah.

Tuhan Yesus mengakui keseluruhan Perjanjian Lama adalah Firman Tuhan:
Luk 24:44-45;  Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Tuhan Yesus bahkan mengakui bahwa satu iota atau satu titik pun dari PL tidak dibatalkan, karena Firman Tuhan harus digenapi. (Matius 5:18).

Tuhan Yesus juga mengutip Perjanjian Lama sebagai Firman Tuhan, seperti sewaktu Ia dicobai Iblis, sewaktu Ia menjelaskan perceraian, Ia mengutip kisah Adam dan Hawa dan mengakui bahwa manusia yang pertama adalah Adam dan Hawa, yang diciptakan Allah dari kisah penciptaan manusia di Kejadian 2 (Matius 1:4-6),

Tuhan Yesus juga mengakui bahwa Perjanjian Lama dituliskan oleh manusia yang digerakkan oleh Roh Kudus (Mark 12:36)

Tuhan Yesus mengakui dan mengutip kejadian-kejadian sejarah di dalam PL, seperti di antaranya, keberadaan Abraham, Ishak dan Yakub (Mat 22:32), peristiwa sodom dan gomora (Luk 17:28-29), peristiwa zaman Nuh (Mat 24:37-39), riwayat Yunus (Mat 12:40-41) dan mengenai bahwa dunia Allah yang ciptakan (Mark. 13:19)
.
Tuhan Yesus juga melakukan semua perintah yang ada di Perjanian Lama, seperti sunat pada hari ke delapan, dipersembahkan ke bait Allah, menaati otoritas Perjanjian Lama saat dicobao Iblis, bahkan rela mati di atas kayu salib demi mentaati rencana Allah yang tertulis di Perjanjian Lama

Tuhan Yesus Mengakui Perjanjian Baru adalah Firman Allah

Mengenai Perjanjian Baru, Tuhan Yesus menegaskan bahwa para rasul melalui pempinan Roh kudus akan mengingat apa yang Tuhan Yesus telah katakan dan memimpin mereka dalam seluruh kebenaran.

Yohanes 14: 25-26 : Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Yohanes 16:13-14 : Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
 
Ayat-ayat di atas menunjukkan bahwa pengajaran Yesus akan diingat dan dipahami, dan bahwa kebenaran lebih lanjut akan diberikan kepada para rasul sehingga gereja didirikan. Selama periode zaman para rasul (abad pertama) rasul-rasul menjadi media penyataan/pewahyuan Yesus Kristus yang lengkap. Jadi, para rasul melalui pimpinan Roh Kudus mengingat setiap apa yang diajarkan Tuhan Yesus dan Roh Kudus memimpin mereka untuk menerima Firman Tuhan lebih lagi, sehingga mereka menjadi alat Tuhan untuk menuliskan dan menyampaikan apa yang Tuhan Yesus ajarkan, dan menuliskan Firman Tuhan yang mereka terima berdasarkan pimpinan Roh Kudus.

Tetapi selain para rasul, murid para rasul yang mendengar pengajaran dari para rasul juga menuliskan Firman Tuhan, yaitu dengan cara mendengarkan setiap yang disampaikan oleh para rasul dan menuliskannya, tetapi tetap peran Roh Kudus yang memimpin mereka, seperti Lukas yang adalah muridnya dan teman sekerja rasul Paulus (2 Tim 4:11) yang mewawancarai banyak saksi untuk menyusun catatannya (Luk 1:1-4), Markus bekerja erat dengan Petrus (1 Petrus 5:13) (Norman Geisler dan Ron Brooks, Ketika Alkitab Dipertanyakan, hal 168-169),

Beberapa bapa gereja juga mengakui bahwa markus menuliskan Injilnya dari rasul Petrus:

Eusebius dalam bukunya Ecclesiasticalo History III, 39, mengabadikan tulisan  tulisan uskup Hierapolis (hidup pada tahun 130 M) dimana uskup Hierapolis megutip salah satu tulisan Yohanes kepada Papias, yaitu salah satunya: Markus sebagai penerjemah Petrus, telah menuliskan dengan tepat segala sesuatu yang dia ceritakan, baik mengenai perbuatan maupun perkataan Kristus, namun tidak secara berurutan. Karena dia bukan pendengar maupun pendamping langsung Tuhan; tetapi setelah itu, sebagaimana yang telah saya katakan, dia mendampingi Petrus, yang meneruskan ajaran-Nya menerut kebutuhan, bukan menuangkan seluruh ucapan Tuhan secara runut. Jadi Markus tidak membuat kesalahan, dengan menuliskan segala sesuatu yang Petrus katakana, karena dia berpegang teguh pada satu hal, yaitu tidak menghilangkan satupun yang dia dengar atau menambahkan apapun yang tidak benar dalam tulisannya.

Irenaeus, uskup Lyons (hidup pada tahun 180 M) yang adalah murid Polikarpus, dan Polikarpus adalah murid rasul Yohanes. Dia menuliskan: Matius menerbitkan Injilnya bagi kalangan Ibrani dalam bahasa mereka sendiri, Markus, murid dan menerjemah Petrus, mewariskan Injil kepada kita dalam bentuk tulisan, Lukas, pengikut Paulus, menuliskan Injil yang diajarkan oleh gurunya dalam sebuah bukudan Yohanes, Rasul Tuhan, yaitu murid yang duduk dekat Yesus , telah menuliskan Injilnya, selagi dia tinggal di Efesus di Asia.

Sedangkan Paulus adalah rasul yang langsung diangkat oleh Tuhan Yesus saat dia berjumpa dengan Yesus di Damsik (Kis 9, Gal 1:11-16) dan kerasulan Paulus diakui oleh para rasul sebelumnya (Gal 2:1-8) dan Petrus pun mengakui bahwa tulisan Paulus adalah Firman Tuhan (2 Petrus 3:15-16) (Norman Geisler dan Ron Brooks, Ketika Alkitab Dipertanyakan, hal 168-169)
Tuhan Yesus yang adalah Allah mengakui Alkitab adalah Firman Allah, baik Perjanjian Lama dan juga Perjanjian Baru, maka pengakuan-Nya sebagai Allah pasti benar, karena Allah tidak akan mungkin salah. Dan Alkitab sendiri mengakui bahwa dirinya adalah Firman Allah, karena berasal dari Allah.
4. Alkitab hasil hembusan yang keluar dari Allah (Inspirasi)
2 Tim 3:16 Segala tulisan yang dilhamkan Allah... Dalam bahasa Yunaninya Pase Graphe Theopneustos yang artinya semua tulisan dihembuskan Allah keluar.
Maksudnya adalah bahwa semua tulisan, yaitu Alkitab ini adalah keluar dari Allah. Allah mengebuskan Alkitab keluar.
Akan tetapi Allah memilih beberapa orang untuk menerima wahyu-Nya dan akhir mereka menuliskannya. Sebagai contoh Musa mendapatkan wahyu Allah dari semak belukar dan juga sewaktu dia berada di gunung Sinai, para Nabi lainnya seperti Yeremia, Yesaya, Daniel dan lainnya mendapatkan wahyu Allah dari pengelihatan yang Tuhan nyatakan kepada mereka.
Namun Tuhan tidak menjadikan para penerima wahyu Allah ini dan menuliskannya seperti seorang sekretaris yang mengetik apa yang disampaikan bosnya. Allah memakai seluruh kepribadian mereka, seperti pengalaman mereka, pikiran mereka, karakter mereka, perasaan mereka, penyelidikan mereka, gaya penulisan mereka dan seluruh kepribadian mereka. Sebagai contoh Musa, Allah mempersiapkannya sebelum kelahirannya, masa bayinya, pendidikannya, dan kepimpinannya di padang belantara. Sehingga pada akhirnya terdapat kerja sama yang erat antara Allah dan musa, apa yang ditulis Musa sekaligus firman Allah. (Buku Katekisasi Sinode Gereja Kristen Abdiel, hal 74)
Dalam penulisan wahyu Allah tersebut para penulis Alkitab dipimpin dan diarahkan oleh Roh kudus untuk menuliskan firman Allah.
2 Pet 1:21:  sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.
Kata Doronganmemakai bahasa Yunani feromenoi , kata ini dipakai untuk menunjukkan perahu yang didorong oleh angin sehingga dapat bergerak maju. Demikian pula para penulis Alkitab, mereka digerakkan, didorong dan dipimpin oleh Roh Kudus untuk menuliskan Firman Tuhan.

Jadi, Alkitab bersifat insani-Ilahi, ditulis oleh manusia pilihan Allah berdasarkan bimbingan Roh Kudus dan menurut kehendak-Nya, sehingga penulis utamanya sebenarnya adalah Roh Kudus.(Buku Katekisasi Sinode Gereja Kristen Abdiel, hal 74)


A. Alkitab Tidak Mengandung Kesalahan/Ineran (Seluruhnya Benar) dan Tidak Mungkin Salah/Infalibiliti

Alkitab adalah firman Allah karena keluar dari Allah, melalui pimpinan atau dorongan Roh Kudus para penulis menuliskan Firman Tuhan sesuai yang dikehendaki-Nya. Ini berarti Alkitab tidak mengandung kesalahan (Ineransi) dan tidak mungkin salah (infalibiliti).
Argumennya adalah 1. karena Allah sempurna, maka Firman yang dikeluarkan-Nya tidak mungkin mengandung kesalahan. Dari yang sempurna keluar yang sempurna. 2. Allah bersifat benar dan setia, maka Allah tidak mungkin sesat dan menyatakan yang salah, hanya yang dari benar keluar yang benar, yang benar menghasilkan yang benar.

Norman L Geisler menyatakan bahwa ketidakkeliruan atau ketidaksalahan secara logis tidak dapat dihindarkan, karena Allah yang mengilhamkan (inspirasi). Pengilhaman menjamin ineransi. (Norman L. Geisler dan Ron Brooks, 178).

Sifat tidak mengandung kesalahan dan tidak mungkin salah pada Alkitab mencakup seluruhnya yang tertulis di dalam Alkitab. Karena Alkitab adalah semua tulisan dihembuskan keluar dari Allah.

Inerrancy tidak terbatas pada subjek-subjek tertentu seperti keselamatan atau etika tetapi meliputi seluruh topik Alkitab, termasuk ilmu pengetahuan dan sejarah. Alkitab menggunakan bahasa yang lazim dan gambaran-gambaran waktu penulisannya, tidak ada sifat-sifat ilmiah atau fakta sejarah yang berkontradiksi dengan pernyataan interpretasi Alkitab yang akurat (Rick Cornis, 5 Menit Teologi, 57)

B. Alkitab atau naskah-naskah yang pertama yang tidak mengandung kesalahan dan tidak mungkin salah

Alkitab atau naskah-naskah yang pertama yang langsung ditulis para penulis, yaitu para nabi dan para rasul yang tidak mengadung kesalahan dan tidak mungkin salah. Namun bukan berarti salinan-salinan bukanlah Firman Tuhan. Salinan-salinan juga adalah Firman Tuhan, karena salinan-salinian tersebut menyalin dari Alkitab pertama atau dari naskah-naskah aslinya yang ineran dan infalibiliti. Salinan-salinan ini memang mengandung kesalahan, tetapi kesalahannya hanya hal-hal yang remeh dan tidak penting, hanya sebatas ejaan dan urutan kata dan tidak menggangu doktrin-doktrin Kristen.

C. Alkitab Adalah Firman Allah, Maka Otoritas Alkitab Sama Dengan Otoritas Allah

Wayne Grudem menyamakan otoritas Alkitab dengan otoritas Allah: Tidak mempercayai atau menaati perkataan kitab suci berarti tidak mempercayai atau menaati Allah

Berati jika kita mentaati perkataan di Alkitab, kita sedang mentaati Allah, dan jika kita melawan perkataan di Alkitab, maka kita sedang melawan Allah, jika kita tidak sependapat dengan apa yang dituliskan di dalam Alkitab, berarti kita sedang tidak sependapat dengan Allah, kita mengikuti dan menerima setiap apa yang tertulis di dalam Alkitab, berarti kita sedang mengikuti dan menerima apa yang Tuhan katakan.

2 Tim 3:16  menjelaskan bahwa Alkitab keluar dari Allah, oleh karena itu Alkitab memiliki kecukupan untuk memberikan kepada kita pengajaran mengenai Allah dan kebenaran-Nya(bermanfaat untuk mengajar) dan berkuasa untuk menyatakan kesalahan kita, Alkitab juga berkuasa untuk memperbaiki kelakukan kita dan mendidik kita untuk melakukan kebenaran. Ayat 17 nya menjelaskan bahwa Alkitab ini yang adalah Firman Allah sebagai penuntun bagi orang-orang pilihan-Nya untuk melakukan perbuatan baik sesuai dengan standarnya Allah.

D. Alkitab Sudah Cukup

Allah telah mewahyukan diri-Nya, yaitu Alkitab. Alkitab sudah cukup menuliskan mengenai Allah. Kita hanya dapat mengenal Allah sebatas pernyataan yang Allah telah nyatakan, dan itu adalah Alkitab. Jika kita menambahi atau menguranginya maka kita bukan lagi sedang mengenal Allah, tetapi telah menciptakan kembali Allah dengan pikiran kita atau keinginan kita.

Doktrin ini disebut kecukupan Alkitab (the sufficiency of scripture), yang berarti Alkitab adalah segala sesuatu yang kita butuhkan untuk mengenal Allah dan menghayati hidup seturut dengan kehendak Allah. Dengan kata lain, mengenal Allah dan bagaimana melakukan apa yang dikehendaki-Nya ditemukan di dalam Alkitab. Jawaban-jawaban yang kita cari mengenai Allah, etika, dan hidup ada di dalam Alkitab. Jadi Alkitab tidak dapat ditambahi atau dikembangkan oleh para pengajar, pengalaman-pengalaman mistik, pencerahan kerohanian yang semu, psikologi pop, atau bahkan pengakuan telah menerima pengelihatan langsung dari Roh Kudus (mendengar langsung dari Roh Kudus atau mendapat mimpi dari Roh Kudus). Semuanya itu bukanlah firman Tuhan dan tidak boleh disetarakan dengan Firman Tuhan.(Rick Cornish, 62-63)

Ulangan. 4:2: Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu.

Tuhan juga akan memberi sangsi atau hukuman bagi mereka yang menambahi Firman Tuhan yang telah tertulis ini dan bagi mereka yang mengurangi Firman Tuhan yang sudah tertulis ini

Wahyu 22:18-19: Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

Kesimpulan

Alktab adalah wahyu yang keluar dari Allah dan melalui dorongan dan pimpinan Roh Kudus para penulis yang telah dipilih oleh Allah menuliskan Wahyu Allah tersebut sesuai yang dikehendaki-Nya. Oleh karena itu Alkitab tidak mungkin salah dan mengandung kesalahan, karena Alkitab adalah karya Allah atau tulisannya Allah, karena Alkitab tulisannya Allah, maka tindakan kita terhadap Alkitab adalah secara langsung kepada Allah. Dan karena Alkitab adalah firman Allah maka Alkitab sudah cukup memberitahu kita tentang Allah dan bagaimana kita hidup sesuai kehendak Allah, oleh karena itu kita tidak boleh menambahkan atau mengurangi Alkitab atau mencari-cari tentang Allah di luar Alkitab, karena hal tersebut dapat mengakibatkan pemambahan atau pengurangan terhadap Alkitab.



Kanonitas Alkitab
2 Timotius 3:16

Alkitab yang kita pegang sekarang sebenarnya dulu tidaklah dalam satu buku. Alkitab pada zaman dulu terdiri dari berbagai kitab atau naskah-naskah atau tulisan-tulisan yang tertulis dalam gulungan-gulungan papirus (dari kulit pohon papirus yang dijadikan seperti kertas pada zaman ini) dan juga dari kulit binatang. Contoh: Yer 36:2 Ambillah kitab gulungan dan tulislah di dalamnya segala perkataan yang telah Kufirmankan kepadamu mengenai Israel, Yehuda dan segala bangsa, dari sejak Aku berbicara kepadamu, yakni dari sejak zaman Yosia, sampai waktu ini. Yeremia 36:28: Ambil pulalah gulungan lain, tuliskanlah di dalamnya segala perkataan yang semula ada di dalam gulungan yang pertama yang dibakar oleh Yoyakim, raja Yehuda.

Alkitab kita sekarang ini sebenarnya terdiri dari 66 kitab, yang ditulis oleh beberapa orang, bukan oleh hanya satu orang. Seperti kitab Kejadian, Keluaran Imamat, Bilangan dan Ulangan, yang menulis Musa, kitab Yosua yang menulis Yosua, kitab Yesaya yang menulis Yesaya, kitab Yeremia yang menulis nabi Yeremia dan seterusnya. Penulis-penulis Alkitab beberapa juga hidupnya berbeda zaman, bahkan ada penulis Alkitab hidup pada zaman yang jaraknya jauh sekali dengan penulis Alkitab lainnya, seperti Musa dengan Yesaya, Musa hidup kurang lebih pada tahun 1500 SM sedangkan Yesaya hidup kurang lebih pada tahun 700 SM, berarti jarak antara musa dan yesaya adalah 800 tahun, demikian juga seperti Yesaya dengan Matius, Matius menuliskan Injil pada tahun 60 Masehi, berarti jarak antara Yesaya dengan Matius adalah kurang lebih 700 tahun.

Tetapi selain 66 kitab yang ada di Alkitab ada juga gulungan-gulungan kitab atau tulisan yang ditulis sesudah zaman Perjanjian Lama dan sebelum zaman Perjanjian Baru tetapi masih beredar ditengah-tengah orang Yahudi pada zaman Tuhan Yesus di bumi, yaitu disebut Apokrifa, diantaranya seperti kitab Hikmat Salomo, Tobit, Yudit, kitab Mekabe 1 dan 2 dan lain-lain jumlahnya ada 15 kitab. Disebut Apokrifa, karena Apokrifa memiliki arti tersembunyi, maksudnya adalah bahwa kitab-kitab ini tidak pernah diakui sebagai firman Allah oleh orang-orang Yahudi, mereka hanya mengakui Perjanjian Lama yang adalah Firman Tuhan, namun Apokrifa tetap diterima sebagai tulisan-tulisan yang dapat memberikan nasehat, sejarah, tetapi bukan Firman Tuhan, (seperti buku-buku pada zaman sekarang banyak memberikan nasehat-nasehat bagus, tetapi buku-buku tersebut bukanlah Firman Tuhan).

Setelah zaman para rasul (para rasul hidup pada abad pertama) muncul juga banyaknya tulisan-tulisan yang mengakui bahwa mereka adalah firman Tuhan, namun gereja menolaknya. Tulisan-tulisan tersebut ditulis pada abad kedua dan disebut pseudepigrafa artinya tulisan-tulisan palsu, disebut tulisan-tulisan palsu, karena tulisan-tulisan ini memakai nama-nama rasul, tetapi sebenarnya bukan para rasul yang menuliskannya, diantaranya seperti : Injil Yudas, Injil Petrus, Injil Tomas, injil Filipus, Injil kepada orang Mesir dan banyak lagi).

Pada abad ke dua muncul ajaran sesat yaitu Marcion. Marcion menolak perjanjian lama sebagai firman Tuhan dan ia membuat Alkitab sendiri dengan susunan: Injil Lukas yang telah dieditnya, Galatia, 1 dan 2 Korintus, Roma, 1 dan 2 Tesalonika, Efesus, kolose, Filemon dan Filipi

Karena banyaknya penulis-penulis Alkitab dan akhirnya menghasilkan banyaknya kitab-kitab yang tertulis dan juga banyaknya tulisan-tulisan yang mengaku adalah firman Tuhan, dan juga adanya ajaran-ajaran sesat yang mengakui bahwa mereka dipimpin Roh Kudus untuk membukukan Firman Tuhan, gereja dalam pimpinian Roh Kudus, seperti halnya Roh Kudus memimpin penulis Alkitab, Roh Kudus memimpin gereja untuk menetapkan Kanon, yang artinya tongkat pengukur, maksudnya adalah ukuran yang akan dipakai gereja untuk menentukan apakah tulisan-tulisan tersebut adalah firman Tuhan atau bukan, setelah itu gereja mengumpulkan tulisan-tulisan yang sudah dikanonkan sebagai Firman Tuhan kedalam satu buku, yaitu yang kita sebut Alkitab.

Kanon yang dipakai gereja atau ukuran/standar yang dipakai gereja untuk menilai setiap tulisan yang ada

Perjanjian Lama

Gereja menerima Perjanjian Lama (Terdiri dari 39 Kitab) karena Perjanjian Lama telah dikanonkan atau telah disahkan sebagai Firman Tuhan oleh orang-orang Yahudi pada zaman Ezra , Alkitabnya orang Yahudi tersebut terdiri dari 3 bagian: 1) kitab Taurat (Torah) yang terdiri dari Kejadian, Keluaran, Immat, Bilangan dan Ulangan, 2) Kitab Nabi-nabi (Nebiim), terdiri dari Yosua, Hakim-hakim, Samuel, Raja-raja, Yesaya, Yeremia, Yehezkiel, Hosea dan sampai Maleakhi (kecuali Daniel), dan 3) Kitab Tulisan-tulisan (Ketubim), terdiri dari, Mazmur, Amsal, Ayub, Kidung Agung, Rut, Ratapan, Pengkotbah, Ester, Daniel, Ezra, Nehemia, dan Tawarik.

Gereja mengakui Perjanjian Lama sebagai firman Tuhan dengan ukuran:
Ditulis oleh para nabi, karena nabi langsung mendapatkan firman dari Allah. (Ul 18:18)

Para nabi menuliskan tulisannya diawali atau dimulai dengan kata Allah berfirman, atau Tuhan berkata. Perjanjian Lama sekitar 3800 ayat dimulai dengan kata Allah berfirman atau Tuhan berkata atau Tuhan berfirman

Setiap tulisan yang ditulis para nabi tidak ada saling bertentangan, tetapi saling berhubungan dan saling melengkapi dan saling mendukung.

Allah juga menunjukkan kebenaran bahwa nabi-nabi yang menuliskan firman Tuhan tersebut adalah nabi-Nya, yaitu dengan cara Ia menunjukkan kemahakuasaan-Nya melalui nabi-nabi tersebut, seperti Musa, Tuhan menunjukkan kamahakuasaan-Nya dengan  sepuluh tulah, laut tiberau terbelah dan lain-lain, Yosua, melalui Yosua Tuhan membuat sungai Yordan terbelah dua dan tembok Yeriko roboh dan lain-lain, para hakim-hakim selalu mendapatkan pertolongan Tuhan dalam memenangkan peperangan, Yesaya menyembuhkan raja Hizkia yang sekarat dan memundurkan bayangan sepuluh tapak, berarti mempercepat perputaran bumi beberapa jam, Daniel menafsirkan mimpi-mimpi dan tidak dimakan singa-singa yang lapar, Yeremia setiap perkataannya mengenai masa depan selalu tepat dan terjadi seperti apa yang telah dikatakannya, dan masih banyak lagi contoh-contohnya bahwa Tuhan menyertai para nabi ini dengan kuasa-kuasa-Nya supaya orang-orang tahu bahwa mereka adalah nabi-nabi-Nya.

Digunakan oleh orang-orang Yahudi dalam ibadah mereka.

Tuhan Yesus mengakui Perjanjian Lama adalah firman Tuhan dan mengutip seluruh bagian Perjanjian Lama dalam kotbah-kotbah-Nya (kira-kira tiga ratus kali Tuhan Yesus mengutip bagian-bagian Perjanjian Lama, dan setiap kutipan itu berasal dari seluruh Perjanjian Lama, Rick Cornish, Lima Menit Teologia, 65), bahkan menggenapi seluruh Perjanjian Lama mengenai diri-Nya (Luk 24:44-45), dan Tuhan Yesus tidak pernah mengutip kitab-kitab Apokrifa, walau pun kitab apokrifa sangat dikenal oleh orang-orang Yahudi pada zaman Tuhan Yesus.

Para rasul banyak mengutip Perjanjian Lama untuk menuliskan surat-suratnya dan kotbahnya dan pengajarannya.

Perjanjian Baru

Gereja menerima tulisan-tulisan Perjanjian Baru sebagai firman Tuhan dengan ukuran:

Ditulis oleh para rasul dan tulisan tersebut berasal dari abad pertama.

Tuhan Yesus menegaskan bahwa para rasul melalui pempinan Roh kudus akan mengingat apa yang Tuhan Yesus telah katakan dan memimpin mereka dalam seluruh kebenaran.

Yohanes 14: 25-26 : Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Yohanes 16:13-14 : Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
 
Ayat-ayat di atas menunjukkan bahwa pengajaran Yesus akan diingat dan dipahami, dan bahwa kebenaran lebih lanjut akan diberikan kepada para rasul sehingga gereja didirikan. Selama periode zaman para rasul (abad pertama) rasul-rasul menjadi media penyataan/pewahyuan Yesus Kristus yang lengkap. Jadi, para rasul melalui pimpinan Roh Kudus mengingat setiap apa yang diajarkan Tuhan Yesus dan apa yang diperbuat-Nya (Yesus juga adalah firman Tuhan yang telah menjadi manusia) dan juga Roh Kudus memimpin mereka untuk menerima Firman Tuhan lebih lagi, sehingga mereka menjadi alat Tuhan untuk menuliskan dan menyampaikan apa yang Tuhan Yesus ajarkan, dan menuliskan Firman Tuhan yang mereka terima berdasarkan pimpinan Roh Kudus. Oleh karena itu tulisan para rasul tersebut tidak diragukan lagi sebagai firman Tuhan.

Namun tulisan-tulisan dari para rasul tersebut harus berasal dari abad pertama, karena para rasul hidup pada abad pertama, jadi jika ada tulisan yang memakai nama rasul, tetapi ditulis bukan pada abad pertama, maka tulisan tersebut adalah pseudepigrafa (tulisan-tulisan palsu).

Tulisan-tulisan para rasul adalah Injil Matius, Injil Yohanes, Surat 1,2 dan 3 Yohanes, Wahyu, surat 1 dan 2 Petrus, 13 surat rasul Paulus.

Ditulis oleh orang-orang yang terdekat dengan para rasul, dan Ditulis pada zaman rasul-rasul masih hidup (Abad pertama).

Para murid rasul dan orang-orang terdekat rasul tentunya mereka mendengar langsung dari pengajaran atau kotbah atau cerita dari para rasul, karena itulah mereka sebenarnya sedang mendengarkan Firman Tuhan. Melalui pimpinan Roh Kudus, mereka para murid rasul dan orang-orang terdekat rasul menuliskan firman Tuhan, seperti
Markus penulis Injil Markus adalah murid dan orang terdekat Petrus,
Lukas penulis Injil Lukas dan Kisah Rasul adalah teman dekat Paulus dan mencari informasi dari rasul-rasul dan saksi-saksi yang masih hidup.
Yakobus yang menuliskan surat Yakobus adalah saudranya Tuhan Yesus,
Yudas yang menuliskan surat Yudas adalah saudara Tuhan Yesus (Matius 13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?)
Ibrani yang menuliskan kemungkinan besar adalah orang terdekat dengan rasul Paulus, mungkin Apolos, atau Barnabas, atau Klemen. Karena isinya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan tulisan rasul paulus, tetapi tidak ada nama rasul Paulus, karena rasul Paulus selalu memberikan namanya di awal surat-suratnya.

Kitab-kitab tersebut dipelihara dan digunakan oleh banyaknya gereja mula-mula diberbagai daerah

27 kitab Perjanjian Baru dari abad pertama sampai dibukukan menjadi satu buku, yaitu yang disebut orang Indonesia Alkitab pada abad ke 4 terus terpelihara dan terus digunakan dalam ibadah-ibadah gereja untuk dibacakan dan dikotbahkan bahkan terus disalin sehingga 27 kitab Perjanjian Baru tersebut digunakan diseluruh daerah baik di Asia (Timur Tengah) dan di eropa dan di Afrika dan terus terjaga dan terus dapat dibacakan dan dikotbahkan dalam ibadah-ibadah gereja.

Jadi tulisan-tulisan para rasul dan orang terdekat rasul tersebut dibacakan oleh gereja mula-mula di dalam pertemuan-pertemuan ibadah pada abad pertama, dan terus dibacakan oleh gereja pada abad ke dua bahkan dikutip oleh Bapa-bapa gereja sewaktu mereka menuliskan surat kepada jemaat-jemaat gereja dan terus dibacakan dan dikotbahkan sampai abad yang ke empat. Pada abad keemapt ini gereja memutuskan setiap tulisan para rasul dan orang-orang yang terdekat dengan para rasul pada abad pertama dan terus dibacakan dan dilestarikan oleh gereja dari abad pertama samapai keempat adalah Firman Tuhan dan dibukukan atau disatukan.

4. 27 Kitab Perjanjian Baru Isinya Tidak Saling Bertentangan, tetapi saling melengkapi dan salinig mendukung. Ini menjelaskan bahwa penulisnya adalah satu, yaitu Allah, tetapi memakai manusia yang beda-beda.

Kesimpulan
Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang terdiri dari 66 Kitab. Perjanjian Lama terdiri dari 39 Kitab dan Perjanjian Baru 27 Kitab adalah Firman Tuhan, yang adalah  tulisan-tulisan yang dilhamkan Allah atau yang dihembuskan keluar dari Allah dan oleh Allah.


Ranja Ginta Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencintai Tuhan Karena Mengenal Tuhan, Ulangan 6:5

Catatan Kotbah: Murid Kristus Yang Sejati. Yohanes 6:60-71

Hidup bergaul dengan Tuhan