Kejadian 1:1-31

 

Renungan Harian

Kejadian 1:1-31

 

     Allah menciptakan alam dengan urutan yang sangat teratur, hari pertama Allah menciptakan terang, hari kedua  Allah menciptakan cakrawala, hari ketiga Allah menciptakan daratan, lautan, dan tumbuh-tumbuhan, pada hari keempat Allah menciptakan benda-benda penerang di langit/cakrawala, pada hari kelima Allah menciptakan binatang-binatan di laut dan binatang-binatang yang bersayap/burung, dan hari keenam Allah menciptakan binatang-binatang di daratan dan terakhir pada hari keenam Allah menciptakan manusia.

     Allah menciptakan alam ini dengan berurutan dan teratur. Seandainya Allah menciptakan benda-benda penerang, namun Allah belum menciptakan terang, yang adalah sumber dari benda-benda penerang, maka benda-benda penerang itu tidak ada. Karena itulah Allah menciptakan terang, untuk menjadi sumber benda-benda penerang. Sedangkan hari kedua diciptakan-Nya cakrawala, supaya ada tempat benda-benda penerang, dan ada tempat burung-burung terbang. Pada hari ke tiga diciptakan daratan dan lautan, supaya tumbuh-tumbuhan dapat bertumbuh di darat dan binatang-binatang darat dapat hidup di darat sedangkan ikan-ikan dapat hidup di lautan. Dan yang terakhir manusia diciptakan Tuhan. Sungguh sangat teratur dan semuanya saling berkaitan.

     Setelah Allah menciptakan segala sesuatu, maka ada keterangan bahwa Allah melihat segala yang dijadikan-Nya sungguh amat baik

      Allah yang Maha Seni, Arsitek Agung dan Maha Kuasa menciptakan alam ini sehingga terciptalah karya sungguh amat baik. Manusia yang diciptakan serupa segambar dengan Allah dapat menikmati alam yang sungguh amat baik ini, karena itulah banyak orang yang foto selfie dengan latarbelakang pemandangan alam, melukis alam, dan pergi berlibur ke tempat alam yang terbuka, seperti pegunungan, pantai, padang, perbukitan dan sebagainya. Kekaguman atas alam terlihat dari ekspresi wajah banyak orang saat melihat indahnya alam ini, dari senyum lebar dan teriakan kegembiran, dari tekat yang bulat sehingga pergi ketempat yang jauh dan membutuhkan dana yang banyak hanya demi ingin melihat pemandangan indah alam ini dan banyak lagi.

     Alam ini menceritakan kebesaran Allah seperti yang dikatakan rasul Paulus di Roma 1:19-20 “Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka. Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.”

     Jadi, karena Allah sanggup menciptakan alam ini yang begitu besar dan luas ini (sampai sekarang belum ada orang yang menemukan seberapa luas alam semesta ini) dengan teratur dan sangat amat baik ini, apa lagi hidup kita. Allah pasti menjadikan hidup kita sungguh amat baik, walau pun sekarang kita belum dapat melihatnya, tetapi pandanglah alam ini, dan yakinlah karena Dia sanggup menciptakan alam yang amat baik, maka Dia juga sanggup membuat kehidupan kita amat baik.

    Amin…

 

 

     By. RGG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencintai Tuhan Karena Mengenal Tuhan, Ulangan 6:5

Catatan Kotbah: Murid Kristus Yang Sejati. Yohanes 6:60-71

Hidup bergaul dengan Tuhan