YESUS ADALAH YHWH

 




Yesus Adalah YHWH/Yahweh

 

Keluaran 3:14, nama Allah adalah “AKU ADALAH AKU”

Pada ayat 15 dan 16 disebut disebut nama:  YHWH (TUHAN)

Jadi Allah memperkenalkan Diri-Nya kepada Musa dengan nama YHWH (AKU ADALAH AKU, dalam bahasa Yunani: “egō eimi”)

Kata YHWH (diterjemahkan dalam bahasa indonesia: “TUHAN”) disebut 6800 kali di perjanjian lama

 

BEBERAPA PENDAPAT:

1) Yesus dan Yahweh itu berbeda, karena Yahweh itu Bapa sedangkan Yesus adalah Anak Allah. Tiga pembagian waktu. PL waktu Bapa, PB waktu Yesus, setelah itu waktu Roh Kudus

2) Yesus bukan Yahweh, karena yang Allah adalah Yahweh, sedangkan Yesus adalah allah kecil, Yesus diatas semua ciptaan, namun Yesus juga merupakan ciptaan

 

MENURUT BEBERAPA BUKTI DARI ALKITAB:

1) Ada  tulisan di Perjanjian Lama yang dituliskan YHWH/Yahweh, namun di Perjanjian Baru ditulis bahwa itu adalah Yesus:

 A. Di dalam Perjanjian Lama, yang memimpin orang israel di padang gurun adalah YHWH, namun di Perjanjian Baru dikatakan bahwa Yesus Kristus yang memimpin orang Israel di padang gurun:

 1 KORINTUS 10:9 DAN YUDAS AYAT 5

1 Korintus 10:9: “Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular.”

Teks Yunaninya: μηδὲ ἐκπειράζωμεν τὸν Χριστόν, ( Χριστόν = KRISTUS) καθώς τινες αὐτῶν ἐπείρασαν καὶ ὑπὸ τῶν ὄφεων ἀπώλλυντο

Kata “Tuhan” dalam bahasa aslinya atau teks aslinya ditulis “Christon” = Kristus. LAI menggantinya menjadi Tuhan

Sedangkan beberapa Alkitab bahasa Inggris tidak menggantinya dengan kata “Tuhan”, namun dengan kata “Christ” = Christon = Kritus

ESV  1 Corinthians 10:9 We must not put Christ to the test, as some of them did and were destroyed by serpents,

KJV  1 Corinthians 10:9 Neither let us tempt Christ, as some of them also tempted, and were destroyed of serpents.

NET  1 Corinthians 10:9 And let us not put Christ to the test, as some of them did, and were destroyed by snakes.

TNT  1 Corinthians 10:9 Nether let us tempte Christ as some of them tempted and were destroyed of serpentes.

WEB  1 Corinthians 10:9 Neither let us tempt Christ, as some of them also tempted, and were destroyed by serpents.

 

Yudas ayat 5:

“Tetapi, sekalipun kamu telah mengetahui semuanya itu  dan tidak meragukannya lagi, aku ingin mengingatkan kamu  bahwa memang Tuhan menyelamatkan umat-Nya dari tanah Mesir, namun sekali lagi membinasakan mereka yang tidak percaya.

Pada ayat yang ke 4 terakhir ditulis: “satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus”, setelah  itu masuk ayat 5. Jadi, kata “Tuhan” yang di ayat 5 adalah Yesus Kristus.

Surat Yudas juga beberapa kali menuliskan bahwa Tuhan itu adalah Yesus Kristus: ayat 4 “dan Tuhan kita, Yesus Kristus”, ayat 17: “rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus”, ayat 21: rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus“, ayat 25: “Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita” 

Jadi, yang dimaksud kata “Tuhan” di dalam surat Yudas adalah Yesus Kristus, termasuk pada ayat yang ke 5.

Berdasarkan ayat yang ke lima, ini berarti yang memimpin orang Israel keluar dari Mesir dan berjalan di padang gurun adalah Yesus Kristus.

 

B. Yang dilihat oleh nabi Yesaya kemuliaan YHWH adalah Yesus 

“Dalam tahun matinya raja Uzia  aku melihat Tuhan   duduk di atas takhta yang tinggi dan menjulang,  dan ujung jubah-Nya  memenuhi Bait Suci.” (Yesaya 6:1), pada ayat ke tiga para malaikat berseru “kudus, kudus, kuduslah TUHAN (YHWH)”

Namun rasul Yohanes menuliskan, bahwa yang dilihat nabi Yesaya adalah kemuliaan Yesus: “Isaiah said this because he saw Jesus glory and spoke about him” John 10:41 NIV

 LAI: Hal ini dikatakan oleh Yesaya, karena ia telah melihat kemuliaan-Nya  dan telah berkata-kata tentang Dia. Yoh. 10:41.

 Kalau kita membaca Yohanes 10:37-41, maka yang dimaksud tentang “Kemuliaan-Nya” dan “tentang Dia” adalah menunjuk kepada Yesus.

 

C. Yang Dinubuatkan nabi Yesaya adalah mengenai YHWH, namun penggenapannya adalah YESUS

 Yesaya 40:3: ” Ada suara yang berseru-seru  : ‘Persiapkanlah  di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita”. Kata “TUHAN” = YHWH

 Yohanes 1:23, Yohanes Pembaptis menjawab: Akulah suara orang yang berseru-seru dipadang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya.

 Yohanes Pembaptis membuka jalan bagi YESUS

 

2) Yesus Memakai Nama YHWH Dalam Memperkenalkan Diri-Nya Sendiri

 Arti nama YHWH:

Allah memperkenalkan nama-Nya kepada Musa: YHWH, yang artinya Aku Adalah Aku

Kel 3:14 “Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU ." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU   telah mengutus aku kepadamu."Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN (YHWH), Allah nenek moyangmu,  Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku  untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.”

Dalam bahasa YUNANI: Aku adalah Aku/ YHWH = Egō Eimi

 Kata “Egō Eimi” itu adalah kata kerja yang digunakan untuk waktu sekarang

Pada Keluaran 3:15  ada keterangan bahwa TUHAN/YHWH/ “Egō Eimi” adalah TUHAN Allahnya Abraham, Ishak dan Yakub (masa lalu)“

 Berarti nama YHWH menjelaskan bahwa YHWH tidak dibatasi oleh waktu dan ruang, atau kekal. Karena Dia sudah ada sejak zaman Abraham, Ishak dan Yakub (masa lalu), namun terus ada dan tetap ada sampai Dia berbicara kepada Musa saat itu (waktu sekarang). Dan Dia tidak berbubah, dan tetap sama, sama seperti pada zaman Abraham, Ishak, dan Yakub (masa lalu), dan tetap sama pada zaman Musa saat itu (masa sekarang).

 Yesus juga mengatakan yang sama: Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi,  Aku telah ada. (Yohanes 8:58)

 Kata “telah ada” memakai kata “Egō Eimi”, ini berarti Yesus sudah ada sebelum Abraham ada (masa lalu), namun Dia terus ada sampai pada saat Dia berbicara kepada orang-orang Israel pada saat itu (masa sekarang), dan juga tidak berubah, tetap sama.

 John Chrysostom: mengatakan bahwa dengan memakai kata “Egō Eimi”, maka Yesus sama saja mengatakan bahwa Keberadaan-Nya yang terus-menerus, terlepas dari segala waktu. Oleh sebab itu ungkapan itu bagi mereka tampaknya menghujat

 Tuhan Yesus semakin memperjelas bahwa Dia sudah ada dimasa lalu dan terus ada sampai sekarang dan akan terus ada pada masa yang akan datang, dengan berkata kepada para murid-Nya

“Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu  senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Mat. 28:20)

 

Kata “Aku menyertai” memakai kata “Egō Eimi”, ini berarti Yesus akan tetap ada, dari sekarang sampai seterusnya, sampai akhir zaman.

 Jadi, Yesus dari dulu (sebelum Abraham ada), sekarang dan seterusnya tetap ada (sampai akhir zaman).

”Yesus Kristus tetap sama , baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.” (Ibrani 13:8).

 Sama seperti YHWH yang tetap ada untuk selama-lamanya. ” Sebelum gunung-gunung dilahirkan, dan bumi dan dunia diperanakkan, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya  Engkaulah (kata “Engkaulah” dalam bahasa Yunaninya: “Egō Eimi”) Allah. ” Mazmur 90:2

 YESUS ADALAH “Egō Eimi” , YESUS ADALAH YAHWEH

 

3) Yahweh Menjadi Manusia Dengan Nama Yehoshua/Yosua  (Ibrani): Iēsous (Yunani): Jesus (Inggris): Yesus (Indonesia): Yesu (Mandarin): Yasua (Arab)

Yang artinya YAHWEH yang menyelamatkan.

Siapakah Dia? Yesus Kritus

Matius 1:21. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

 

Jadi, YHWH dalam Perjanjian Lama adalah Yesus.

 

12 November 2020

 

Ranja Ginta Ginting

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencintai Tuhan Karena Mengenal Tuhan, Ulangan 6:5

Catatan Kotbah: Murid Kristus Yang Sejati. Yohanes 6:60-71

Hidup bergaul dengan Tuhan