Kristen Ortodoks dan Kristen Ortodoks Timur

 

Kristen Ortodoks dan Kristen Ortodoks Timur

 

Beberapa orang masih bingung membedakan Kristen Ortodoks dan Kristen Ortodoks Timur. Bahkan beberapa orang menganggap Kristen ortodoks dan Kristen ortodoks timur sama saja.

 

Kata ortodoks sendiri dari bahasa Yunani: Orthos (benar) dan doxa (ajaran), jadi artinya ajaran yang benar. Jadi maksud Kristen ortodoks adalah orang-orang Kristen yang berpegang pada pengajaran yang benar, yaitu pengajaran yang berdasarkan Alkitab, dan juga ajaran-ajaran yang telah dirumuskan oleh bapa-bapa gereja di konsili-konsili (Konsili Nicea , Konsili Konstantinopel, Konsili Chalcedon), yaitu PENGAKUAN IMAN RASULI.

 

Berdasarkan pengertian ortodoks maka semua orang Kristen yang berpegang pada pengajaran Firman Tuhan dan Pengakuan Iman Rasuli adalah Kristen Ortodoks.

 

Pada abad ke 4, tahun tiga ratusan, Kaisar Theodosius membagi dua wilayah kekaisaran Romawi. Romawi Barat dengan ibu kota Roma dan Romawi Timur dengan ibu kota Konstantinopel (Istanbul - Turki). Berdasarkan dua wilayah tersebut, gereja terbagi dua, gereja Timur dan gereja Barat, namun gereja barat dan timur tidak terpecah, tetap am (satu), hanya terpisah secara wilayah saja.

 

Pada tahun 1054, gereja barat dan timur mengalami perbedaan peraturan dan pengajaran, sehingga mengalami perpecahan, salah satunya mengenai kepemimpinan gereja, gereja barat memutuskan bahwa uskup Roma “Paus” adalah pemimpin atas seluruh gereja, sedangkan gereja timur tidak mengakui kepemimpinan tertinggi gereja dipegang oleh Paus, mereka lebih memilih kepemimpinan dipegang oleh seluruh gereja – semua uskup/bishop adalah sama/sejajar.

 

Sejak itulah, gereja timur menamakan diri Gereja Ortodoks Timur, sedang gereja Barat menamakan diri Gereja Katolik Roma.

 

Jadi, Kristen Ortodoks dengan Kristen Ortodoks Timur itu berbeda. Orang Kristen Ortodoks adalah orang yang masih berpegang pada pengajaran Firman Tuhan dan Pengakuan Iman Rasuli, sedang Kristen Ortodoks Timur adalah mereka yang bergereja di Gereja Ortodoks Timur. Orang Kristen Ortodoks belum tentu bergereja di gereja Ortodoks Timur, dia bisa bergereja di mana saja, asal imannya masih berdiri di atas Firman Tuhan dan Pengakuan Iman rasuli, sedangkan orang Kristen Ortodoks Timur, mereka pasti bergerja di Gereja Ortodoks Timur.

 

Semoga menjadi info bermanfaat – Ev. Ranja G.G

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencintai Tuhan Karena Mengenal Tuhan, Ulangan 6:5

Catatan Kotbah: Murid Kristus Yang Sejati. Yohanes 6:60-71

Hidup bergaul dengan Tuhan